Kinerja Sistem Organ

PDFPrintE-mail

Di dalam tubuh, sekelompok organ akan melaksanakan suatu fungsi dalam koordinasi tertentu sebagai satu bagiann dari sebuah sistem. Pada dasarnya, setiap sistem organ memiliki fungsi tertentu, misalnya sistem pencernaan. Sistem pencernaan tersebut berperan dalam mencerna dan menyediakan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Organ penyusun sistem pencernaan adalah organ-organ pencerna makanan dan kelenjar pencerna makanan.

Organ-organ tersebut meliputi mulut, faring, kerongkongan (esofagus), lambung. Usus halus, usus besar, dan anus. Sementara itu, kelenjar pencernaan meliputi kelenjar ludah, pankreas, dan hati. Selama proses pencernaan, makanan akan mengalami pemecahan yang dikerjakan secara mekanis oleh gigi dan lidah, dan dibantu secara kimiawi oleh senyawa- senyawa hasil sekresi kelenjar pencernaan untuk dijadikan sari-sari makanan yang diserap oleh usus, dan selanjutnya diiedarkan ke seluruh tubuh melaluui sistem peredaran darah.

Kerusakan pada salah satu anggota dari sistem organ akan mengganggu fungsi dari sistem organ yang bersangkutan. Bahkan, apabila kerusakan tersebut terjadi pada salah satu sistem organ akan menimbulkan gangguan pada seluruh tubuh. Hal ini karena setiap sistem organ memiliki peran penting, yaitu menyelenggarakan berbagai proses untuk kelangsungan hidup.

Sumber: ESPS Biologi SMA/MA Kelas XI

Most Read Articles

esis emir