Pengertian Organ Tubuh

PDFPrintE-mail

Organ tubuh pada dasarnya merupakan gabungan dari berbagai jaringan yang menghasilkan satu fungsi atau lebih. Contoh organ adalah usus. Usus merupakan salah satu organ penyusun sistem pencernaan yang tersusun atas berbagai jaringan, misalnya jaringan epitelium batang (silindris), jaringan otot polos, jaringan saraf, dan jaringan ikat.

Jaringan epitelium yang terletak di lumen usus berfungsi menyerap dari makanan, menghasilkan mukus (lendir), serta menyekresi enzim pencernaan. Jaringan otot yang tersusun secara melingkar (sirkular) dan membujur (lonngitudinal) berperan dalam gerak peristaltik. Jaringan ikat pada pembuluh darah berfungsi menngangkut sari makanan. Jaringan saraf berfungsi dalam mengoordinasi kerja ketiga jaringan tersebut. Gabungan keempat jaringan tersebut melakukan satu fungsi, yaitu mencerna makanan.

Berdasarkan letaknya, organ pada tubuh dibedakan menjadi dua macam, yaitu organ dalam dan organ luar. Organ yang bisa terlihat dari luar disebut organ luar, contohnya hidung. Sementara itu, organ yang terletak di dalam tubuh disebut organ dalam, contohnya lambung, jantung, paru-paru, dan ginjal.

Sumber: ESPS Biologi SMA/MA Kelas XI

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885


esis emir