Pengertian Sel

PDFPrintE-mail

Sel merupakan unit (satuan,zarah) terkecil dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. Sel disebut sebagai unit terkecil karena sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang dapat berdiri sendiri. Sel dapat melakukan proses kehidupan, seperti melakukan respirasi, perombakan, penyusunan, reproduksi melalui pembelahan sel dan peka terhadap rangsangan.

Secara struktural, tubuh makhluk hidup tersusun dari sel-sel sehingga sel disebut satuan struktural makhluk hidup. Secara fungsional, tubuh makhluk hidup dapat menyelenggarakan kehidupan jika sel-sel penyusunnya berfungsi. Jadi, kegiatan tiap-tiap sel itulah yang membetuk organisme. Oleh karna itu, sel disebut juga sebagai satuan fungsional makhluk hidup. Semua sel makhluk hidup mampu berkembang biak untuk memperbanyak diri. Perkembangbiakan itu dilakukan melalui pembelahan sel. Pembelahan sel dilakukan baik oleh organisme bersel satu maupun oleh sel-sel organisme bersel banyak.

Menurut Robert Hooke (1665) melakukan pengamatan terhadap sayatan gabus menggunakan mikroskop. Hooke melihat adanya ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tersebut. Ruangan-ruangn kecil itu bernama sel. Ahli fisika jerman Rudolf Virchow menyatakan bahwa sel berasal dari sel yang ada sebelumnya. Theodor Schwann (1839) ahli fisiologi jerman mengungkapkan bahwa semua organisme tersusun dari sel.

Sumber: ESPS Biologi SMA/MA Kelas XI

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885


esis emir