Ayo Menghemat Listrik

PDFPrintE-mail

Semakin lama biaya penggunaan listrik menjadi semakin mahal di karenakan sulitnya sumber daya dan bahan bakar yang semakin menipis. Ditambah lagi, beberapa pembangkit listrik memanfaatkan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi sebagai bahan baku. Proses pembentukan kembali bahan bakar fosil ini amat lama, sekitar jutaan tahun. Jika kita tidak  menghemat penggunaannya, bahan bakar itu  akan habis sebelum bahan bakar baru terbentuk.

Akibat hal-hal tersebut, kita harus menghemat listrik. Dengan menghemat listrik, kita memperlambat habisnya bahan bakar fosil dan mengurangi biaya yang dikeluarkan. Dengan hemat  listrik, kita juga mengurangi polusi, karena makin sedikit bahan bakar digunakan, makin sedikit gas buang yang dihasil kan.

Ada berbagai cara untuk menghemat listrik, antara lain sebagai berikut. Memakai alat elektronik seperlunya saja. Misalnya, tidak perlu menyalakan lampu ketika hari terang. Mematikan lampu dan alat elektronik lainnya jika sedang tidak digunakan. Misalnya, segera memadamkan televisi jika sedang tidak ditonton. Membuat bak penampungan air agar mesin pompa air tidak sering menyala. Dan lain sebagainya.


Sumber: Buku Sains SD/MI Kelas VI

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885


esis emir