Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

PDFPrintE-mail

Bayi lahir setelah berada dalam kandungan ibunya selama kurang lebih sembilan bulan, Bayi belum dapat berbicara dan berjalan. Bayi memerlukan air susu ibu (ASI) sebagai sumber gizi utama. Masa balita (bawah lima tahun) adalah tahap pertumbuhan anak pada rentang usia 2–5 tahun. Pada usia 2 tahun, biasanya balita sudah bisa berjalan, berlari, dan melompat sendiri Mereka biasanya manja dan keras kepala sehingga memerlukan perhatian khusus dari orang tuanya.

Masa anak-anak berada di antara masa balita dan remaja. Pada tahap ini, seorang anak mulai lancar membaca dan menulis. Mereka mulai aktif dalam berdiskusi dengan teman-temannya, Pada tahap ini, gigi susu akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen. Pada masa remaja, seseorang mengalami masa pubertas, yaitu masa ketika tubuh seseorang mengalami perubahan dari anak-anak menjadi orang dewasa. hormon reproduksi mulai dihasilkan untuk mempersiapkan manusia dalam proses memiliki keturunan. Tubuh remaja mengalami perubahan, misalnya suara remaja laki-laki mulai membesar dan remaja perempuan mengalami menstruasi.

Pertumbuhan seseorang mencapai puncaknya pada masa dewasa. Pertumbuhan tulang dan otot berhenti sehingga orang dewasa tidak bertambah tinggi. Masa lansia (lanjut usia) adalah masa  perkembangan terakhir manusia. Pada masa ini, kemampuan tubuh seseorang mulai berkurang karena adanya penurunan kerja sel-sel tubuh. Tulang dan otot mulai melemah, kulit mulai keriput, dan rambut mulai beruban. Wanita lanjut usia mengalami menopause, yaitu berhentinya siklus menstruasi.

Sumber: Buku Sains SD/MI Kelas VI

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09
Whatsapp. 08191-1500-885
Hotline. 1500-885


esis emir