23 Mei 2019 Finlandia, Negara Indah Nan Terpelajar

Finlandia, Negara Indah Nan Terpelajar

Fahmipulungan | Kontes Foto Hari Buku Sedunia 2018

Mendengar Finlandia, apa yang pertama kali kita bayangkan? Tempat wisata, udara dingin, negara maju, atau yang lain? Tapi tahukah kamu, Negara Finlandia adalah negara paling terpelajar di dunia. Menurut The World’s Most Literate Nations (WMLN), Finlandia merupakan negara yang paling literat atau dengan kata lain memiliki tingkat literasi tertinggi di dunia. Di mana posisi Indonesia? Indonesia sendiri berada di peringkat dua “terbawah” yaitu peringkat 61. Kita harus banyak sekali belajar dari Finlandia untuk meningkatkan literasi di negara tercinta kita ini.

Pertanyaan lainnya adalah. Bagaimana bisa Finlandia mendapat peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat literasi tertinggi di dunia. Dikutip dari hipwee, ada beberapa program yang bisa dijadikan alasan mengapa tingkat literasi di Finlandia menjadi yang tertinggi. Pertama, setiap keluarga yang baru memiliki bayi berhak mendapatkan bingkisan paket perkembangan anak dari pemerintah. Isinya sendiri berbagai keperluan bayi seperti pakaian, mainan, dan termasuk buku bacaan untuk Ibu, Ayah, dan bayi tersebut. Kedua, perpustakaan ada dimana-mana, perpustakaan disana bukan hanya sebagai hiasan kota atai sejenisnya, tapi memang dipergunakan semaksimal mungkin oleh warga disana untuk membaca dan meminjam buku, hal ini dibuktikan dengan tingkat peminjaman buku di perpustakaan umum selalu tinggi.

Jika kita ke mall atau pusat perbelanjaan di Finlandia, kita mungkin akan terheran, mengapa ada perpustakaan di sana. Ya, tujuan adanya perpustakaan disana adalah untuk Ibu-ibu yang sedang berbelanja, mereka bisa meninggalkan anaknya di perpustakaan untuk membaca. Selanjutnya Kalau di Indonesia mungkin petugas perpustakaan hanya mengerti soal administrasi peminjaman buku ataupun yg sedikit lebih baik tau letak dimana buku-buku yg ingin kita pinjam, lain halnya dengan Finlandia, petugas perpustakaan disana merupakan lulusan terdidik yang bisa dijadikan referensi tambahan bagi pengunjung perpustakaan yang ingin bertanya, dengan kata lain mereka bukan hanya tau dimana letak buku yg dibutuhkan pengunjung, tetapi mereka juga tau buku apa yg sebenarnya dibutuhkan pengunjung.

Ketiga, Anak-anak disana baru mulai bersekolah di usia tujuh tahun, selain itu guru-guru disana juga merupakan lulusan master dengan kompetensi yang sudah teruji. Pendidikan di sana juga lebih menekankan pembelajaran dengan metode bermain, berimajinasi, dan pemecahan masalah dibanding berfokus pada tes dan nilai. Setelah bersekolah, setiap anak juga diwajibkan belajar bahasa inggris serta membaca satu buku setiap minggunya.

Keempat, program TV yang berasal dari luar tidak dialihsuarakan, hanya diberi teks terjemahan. Kalau di Indonesia, beberapa tayangan terutama kartun anak-anak sudah dialihsuarakan seperti kartun spongebob hingga doraemon. Finlandia memiliki cara yg berbeda, mereka dengan sengaja hanya menampilkan subtitle dari program tersebut agar anak-anak mau membaca serta meningkatkan litrasi mereka sejak kecil.

Tentu bukan hanya keempat program tersebut yang membuat Finlandia menjadi negara dengan tingkat literasi paling tinggi. Namun, Tidak ada salahnya keempat program tersebut untuk kita tiru secara perlahan agar tingkat literasi di Indonesia perlahan turut meningkat. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *