17 Mei 2019 Berita Hoax, Cara Mengetahui dan Menyikapinya.

Berita Hoax, Cara Mengetahui dan Menyikapinya.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, perkembangan teknologi pun semakin progresif. Akses untuk mendapatkan informasi terkini dan menyerap ilmu baru pun juga menjadi semakin mudah karena banyak fasilitas yang bisa diakses, seperti sosial media, web portal laman berita, ataupun media konvensional Koran, majalah, dan buku.

Akan tetapi, saat ini segala informasi yang tersebar khususnya di dunia maya (online) tidak semuanya dapat dipercaya. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita palsu (hoax) demi untuk mencapai tujuan tertentu, missal untuk menjatuhkan lawan politiknya atau demi pengalihan akan suatu isu.

Disinilah kemampuan kita sebagai penggiat literasi diuji. Tentunya kita harus lebih cerdas memilah informasi mana yang asli, serta informasi mana yang dikategorikan berita bohong. Karena apabila berita atau informasi hoax terus dibiarkan ‘mewabah’, keberadaannya jelas mengancam masyarakat karena menebar informasi yang tidak benar yang dikhawatirkan dapat menimbulkan perpecahan dan konflik di dalam masyarakat. Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana cara membedakan mana informasi yang benar dan mana yang bohong (hoax).

Ketahui kata kunci atau ciri khas dari Berita Hoax

Pastikan berita atau informasi yang kita baca tidak memiliki kalimat-kalimat yang janggal, seolah persuasif dan memaksa seperti: “Sebarkanlah!”, “Viralkanlah!”, dan sejenisnya. Artikel penuh huruf besar dan tanda seru pun disinyalir mengandung informasi hoax.

Selain itu, biasanya artikel berita hoax biasanya juga merujuk pada kejadian dengan istilah seperti kemarin, dua hari yang lalu, seminggu yang lalu. Tak ada tanggal dan hari yang jelas.

Artikel bahkan tak jarang mengklaim sumbernya berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Seringkali juga, artikel hoax biasanya lebih merupakan opini dari seseorang, bukan fakta.

Verifikasi Sumber

Pastikan kamu verifikasi sumber dan konten berita dengan mencarinya di Google. Cari tema berita secara spesifik dengan kata hoax di belakangnya.

Biasanya, kalau memang benar itu hoax, akan muncul artikel pembahasan terkait.

Cek Gambar dengan Google Images

Kamu dapat memastikan sumber dari foto yang diunggah di artikel berita terkait. Jadi, kamu bisa mengecek kembali apakah foto tersebut asli atau tidak. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memanfaatkan tool milik Google, yaitu Google Images. Pertama-tama, buka laman Google Images.

Nah, sekarang coba simpan foto berita hoax yang ingin kamu verifikasi dengan cara melakukan screenshot artikelnya.

Lalu, di laman Google Images, kamu bisa sisipkan foto yang disimpan dengan cara drag foto tersebut ke kolom pencarian.

Nah, oleh karena itu bijaklah dalam memanfaatkan teknologi saat ini. Karena segala sesatu jika kita manfaatkan dengan baik, tentunya akan berdampak positif bagi kita. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kalian lebih selektif dalam menyebarkan informasi, ya!

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *