26 April 2019 Membaca Buku Lebih Mudah dengan Aplikasi iPusnas

Membaca Buku Lebih Mudah dengan Aplikasi iPusnas


Laman depan aplikasi iPusnas. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Jakarta – Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya yang berisikan tulisan, gambar, atau tempelan. Hal tersebut merupakan definisi dari sebuah buku yang umum kita ketahui. Namun, di era digitalisasi saat ini, muncul sebuah teknologi yang bernama e-book. Dari e-book, semua pengguna bisa membaca sebuah buku melalui gawai mereka masing-masing baik melalui jaringan internet maupun tidak.

Beberapa penerbitan buku saat ini juga sudah mulai mengkonversikan buku-buku mereka dari yang awalnya berupa buku cetakan menjadi buku elektronik. Beberapa buku yang tersedia pun beragam mulai dari yang berbayar hingga gratis, buku fiksi hingga non fiksi, buku bacaan hingga buku pelajaran. Salah satu media untuk membaca e-book yang kini tersedia untuk khalayak umum yaitu IPusnas.

IPusnas merupakan sebuah aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore, AppStore, hingga Desktop. Pada dasarnya, IPusnas sendiri merupakan sebuah perpustakaan digital yang dimiliki oleh Badan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang bekerjasama dengan Aksaramaya sebagai pengembang aplikasinya. iPusnas sendiri sudah diluncurkan sejak 16 agustus 2016 lalu. Selain menjadi aplikasi penyedia bahan bacaan bagi penggunanya dalam bentuk e-book. iPusnas juga dilengkapi dengan fitur media sosial.

Fitur media sosial dalam aplikasi iPusnas ini setiap pengguna bisa menjalin pertemanan dengan pengguna/pembaca buku lain. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan sarana berkirim pesan pribadi. Bukan hanya sebatas itu, para pengguna juga bisa berkirim pesan dengan penulis buku yang terdaftar pada aplikasi setelah buku mereka sudah selesai kita baca.

Ada hal unik yang ditawarkan dari aplikasi ini. Jika kita ingin membaca buku elektronik yang tersedia di aplikasi ini, kita tidak perlu membayar sepeserpun, akan tetapi kita diwajibkan untuk meminjamnya terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu. Jika buku elektronik yang kita pinjam sudah melewati batas peminjaman, maka secara otomatis kita tidak bisa lagi membaca buku tersebut, jika kita tetap ingin membacanya kita diwajibkan untuk meminjam ulang melalui sistem yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Masih banyak hal yang bisa dilakukan melalui aplikasi iPusnas. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis di PlayStore, AppStore, ataupun Desktop masing-masing. (AS-MN)

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *