16 April 2019 Inilah Manfaat Lain Dari Membaca

Inilah Manfaat Lain Dari Membaca

kiakai1212kho | Kontes Foto Hari Buku Sedunia 2018

Jakarta – Otak anak memiliki sekitar seratus miliar sel otak, kemapuan otak akan berfungsi bila digunakan untuk berpikir. Pada saat berpikir, sel-sel otak akan terhubung antara satu dengan yang lainnya. Adapun aktifitas yang paling kompleks yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan fungsi otak adalah dengan cara membaca. Membaca merupakan salah satu keterampilan yang berkaitan erat dengan keterampilan dasar terpenting pada manusia yaitu berbahasa.

Menurut Paul C. Burns, Betty D. Roe & Elinor P. Ross dalam Teaching Reading in Today’s Elementary School, ada delapan aspek yang bekerja pada otak kita saat kita membaca yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi. Kedelapan aspek ini akan bekerja secara bersamaan saat kita membaca dan membuat banyak sel otak yang terkoneksi yang membuat anak menjadi cerdas.

Selain itu, membaca juga mampu meningkatkan cara berpikir serta memori seseorang dan kemampuannya dalam memahami teks. Membaca juga secara langsung merangsang otak manusia untuk berimajinasi. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat menonton TV tidak banyak bagian otak yang merespon, sedangkan pada saat membaca, bagian-nagian otak yang berbeda akan merespon saling terhubung satu sama lain. Hal itu terjadi karena imajinasi otak yang saat membaca dapat membayangkan hal-hal yang terjadi di dalam buku. Kecerdasan Verbal-Linguistic adalah kecerdasan yang akan timbul melalui kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Kecerdasan ini sendiri berkaitan dengan kata-kata dan secara luas berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi seseorang. Orang dengan kecerdasan ini mampu membentuk dan mengenali kata dan polanya dengan penglihatan, pendengaran dan dalam beberapa kasus melalui sentuhan. Selain itu, kecerdasan ini juga mampu membuat orang yang memilikinya dapat menghasilkan dan menghaluskan bahasa dan menggunakan banyak bentuk format dalam berbahasa.

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *