Kesehatan

PDFPrintE-mail

Diabetes Melitus dalam Kehamilan

Meningkatnya strata sosio-ekonomi masyarakat Indonesia yang diiringi dengan bertambahnya angka harapan hidup menyebabkan perhatian masalah kesehatan beralih dari penyakit infeksi ke berbagai penyakit degeneratif. Selain penyakit jantung koroner dan hipertensi, diabetes melitus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang saat ini semakin bertambah jumlahnya.

Dalam kaitannya dengan kehamilan, diabetes melitus dapat terjadi dalam dua bentuk, yaitu diabetes melitus gestasional (DMG) dan diabetes melitus pragestasional (DMPG). Adanya perubahan dalam metabolisme saat hamil membuat wanita hamil yang sebelum kehamilannya tidak mengidap diabetes masih memiliki kemungkinan untuk mengalami diabetes melitus. Kondisi ini lebih dikenal dengan nama diabetes melitus gestasional (DMG) atau dalam bahasa sederhananya sering kali disebut sebagai diabetes melitus dalam kehamilan. Sementara itu, pada wanita yang sebelum kehamilannya merupakan pengidap diabetes, maka kondisinya pada saat kehamilan nanti akan dikenal dengan istilah diabetes melitus pragestasional (DMPG).

 

Penjaminan Mutu Pelayanan Keshtn & Akseptabilitasnya

PDFPrintE-mail

Buku ini memberikan pemahaman tentang bagaimana melaksanakan penjaminan mutu dalam pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya. Isi yang disajikan mencakup konsep mutu dan penjaminan mutu, konsep mutu dalam pelayanan kesehatan, beberapa pendekatan dalam penjaminan mutu pelayanan, pemecahan masalah dalam penjaminan mutu pelayanan kesehatan, serta dilengkapi dengan pemanfaatan data dalam penjaminan mutu, kerja sama tim, dan kepemimpinan berwawasan mutu. Selain ditujukan bagi tenaga kesehatan di puskesmas, rumah sakit, dan unit pelayanan kesehatan lainnya, buku ini juga penting bagi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi kesehatan, di antaranya mahasiswa program studi jurusan keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, perekam informasi kesehatan, dan biomedik yang mengambil mata kuliah manajemen mutu pelayanan kesehatan, manajemen mutu pelayanan keperawatan serta manajemen mutu pelayanan kebidanan.

 
 

Sediaan & Dosis Obat

PDFPrintE-mail

SEDIAAN & DOSIS OBAT - Panduan Penghitungan Dosis dan Dasar-dasar Pemberian Obat memberikan dasar-dasar keterampilan matematika dan mengajarkan penghitungan yang lebih kompleks yang sering ditemui pada praktek pelayanan kesehatan. Buku ini tidak sekedar mengajarkan dasar-dasar penghitungan saja, tetapi lebih jauh lagi membangun pemahaman mendasar dalam mengaplikasikan matematika untuk penghitungan dosis obat dalam setiap sediaan, serta penghitungan dosis dan pemberian dosis intravena. Pembahasan yang disajikan dalam buku ini dilengkapi dengan soal-soal latihan untuk tes awal, contoh-contoh soal pada beragam kasus, serta soal-soal latihan beserta dengan langkah-langkah penyelesaiannya.

Keunggulan produk:

  1. Menyajikan contoh-contoh soal pada beragam kasus penghitungan dosis.
  2. Dilengkapi dengan contoh-contoh label obat yang memudahkan aplikasi penghitungan dosis pada situasi real sehari-hari.

Setiap topik pembahasan menyertakan Tips “Pemberian Obat” yang berisi poin-poin penting yang wajib diketahui oleh tenaga kesehatan

 
 

Pertolongan Pertama Ed.5

PDFPrintE-mail

Pertolongan Pertama ini adalah referensi sistem pembelajaran dan pengajaran terpadu yang membantu pelatih pertolongan pertama serta mahasiswa. Buku ini berisi informasi mutakhir tentang cedera dan penyakit, memberikan penjelasan langkah demi langkah dan ringkasan visual tentang keterampilan yang penting, serta memberikan ringkasan tentang tanda-tanda apa yang pertama kali harus dicari para penolong dan langkah pengobatan yang harus mereka lakukan.

Tentang AAOS Emergency Care and Safety Institute

Nama dan program pelatihan AAOS sudah dikenal dan diagungkan di seluruh dunia. Pada tahun 1971, AAOS menjadi pelopor pendidikan layanan medis darurat dengan pertama kali mempublikasikan program pelatihan kedaruratan. Saat ini, AAOS Emergency Care and Safety Institute melanjutkan dedikasinya kepada para responder darurat dan pelatih. Sejak berdiri pada tahun 1933, AAOS yang bersifat nirlaba ini telah memberikan pendidikan dan layanan manajemen praktik untuk ahli bedah ortopedi dan profesional kesehatan terkait di seluruh dunia. Dengan demikian, siapa yang lebih baik mengajarkan tentang cedera selain para ahli cedera itu sendiri.

 
 

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir