Keperawatan

PDFPrintE-mail

Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui

Buku ajar Asuhan Kebidanan Nifas & Menyusui ini merupakan bahan ajar berbasis bukti yang ditujukan bagi mahasiswa kebidanan. Deskripsi mengenai asuhan masa nifas dan menyusui yang tertera dalam buku ini sesuai dengan kompetensi mata kuliah Asuhan Masa Nifas dan Menyusui pada Kurikulum Program Diploma Kebidanan yang memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas dan menyusui dengan pendekatan manajemen kebidanan yang didasarkan atas konsep, sikap, dan keterampilan.

Buku ajar ini terbagi menjadi 2 bagian, bagian pertama menjelaskan tentang asuhan masa nifas yang membahas konsep dasar masa nifas, perubahan masa nifas, asuhan masa nifas terfokus, dan deteksi dini serta penatalaksanaannya. Menyusui merupakan bagian dalam masa nifas yang dibahas pada bagian kedua buku ini, yang dimulai dari pembahasan tentang kebijakan pemerintah dalam pemberian ASI, anatomi dan fisiologi payudara, ASI sebagai makanan utama bayi, IMD, cara pemberian ASI, serta tanya jawab seputar ASI dan menyusui. Selain itu, disertakan pula contoh kasus yang disajikan dalam pembelajaran mahasiswa.

Buku ini memiliki keunggulan dalam hal penyajian ilustrasi dan foto berwarna yang akan membantu visualisasi topik yang dibahas. Selain itu, pembahasan prosedur yang disajikan cukup detail dengan langkah demi langkah kegiatan dan disertai dengan tampilan ilustrasi/foto berwarna pada setiap langkahnya akan memudahkan dan meningkatkan pemahaman bagi pembacanya. Dengan demikian, tepatlah untuk dikatakan bahwa buku ini merupakan referensi ideal bagi pembelajaran mahasiswa.

 

PDFPrintE-mail

Edukasi Pasien

 
 

PDFPrintE-mail

Keterampilan Klinis untuk Perawat

Edisi 3

Seri Panduan Klinis: Keterampilan Klinis untuk Perawat ini merupakan panduan berorientasi klinis dalam memberikan layanan kesehatan yang aman dan efektif, baik di rumah sakit maupun di rumah. Disertai dengan tips-tips NCLEX penting, yang menjadikan buku saku ini sebagai sumber yang sempurna bagi Anda yang sedang mempersiapkan ujian lisensi.

TERBARU DALAM BUKU INI

  • Ulasan tentang trakeostomi, scan kandung kemih, pungsi arteri untuk analisis gas darah, & pencatatan.
  • Lebih fokus pada penilaian pasien dewasa dengan poin-poin pencatatan.
  • Bahasan tambahan mengenai penilaian geriatri.
  • Bab Penyakit dan Kelainan yang dijelaskan dengan lebih luas.
  • Dasar-dasar interpretasi 12 sadapan.
  • Desain yang lebih mudah dipahami pada bab Pemeriksaan Lab/EKG.
  • Penekanan pada gejala dan gambaran pasien.
  • Ulasan terbaru mengenai dosis pediatri.

 
 

PDFPrintE-mail

Perawatan Kritis

Buku ini memberikan informasi klinis perawatan kritis. Mulai dari proses penyakit dan patologi yang mendasarinya, sampai proses perawatan dan tata laksana medis. Dalam buku ini Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan perawatan kritis yang Anda temui sehari-hari.

Pembahasan dikelompokkan berdasarkan sistem tubuh yang mencakup konsep dasar yang dapat diaplikasikan pada kisaran luas situasi klinis. Menyajikan penyakit dan kondisi kunci, yang menjelaskan …

  • Definisi penyakit/kondisi
  • Patofisiologi yang mendasari
  • Manifestasi klinis (tanda-tanda/gejala)
  • Uji diagnostik dan strip aritmia
  • Tata laksana kondisi klinis
  • Mencakup lebih dari 40 jenis obat yang spesifik digunakan dalam perawatan kritis.
  • Disertai panduan singkatan dan indeks untuk mencari informasi secara cepat.

 
 

PDFPrintE-mail

Hematologi  dan Transfusi

Sebagai pendahuluan, dalam buku Hematologi & Transfusi ini dijelaskan secara singkat tentang sel-sel darah dan fungsinya. Pembahasan diawali dengan pembentukan sel-sel darah yang meliputi tempat, organ-organ yang berperan, waktu pembentukan, ciri-ciri pembentukan dan perkembangan sel darah, serta perbedaan umum antara sel darah muda dengan sel yang matang. Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai eritrosit yang disajikan secara lebih mendalam, fungsinya secara umum, pembentukan eritrosit beserta faktor-faktor yang berpengaruh dan kelainan morfologinya, serta dibahas pula tentang hemoglobin normal dan abnormal.

Bagian terbesar pembahasan dalam buku ini adalah mengenai pemeriksaan hematologi secara manual. Meskipun pemeriksaan hematologi pada laboratorium klinik pada umumnya telah dilakukan secara otomatis, tetapi penjelasan pemeriksaan secara manual mutlak perlu dipahami sebagai keterampilan dasar. Penjelasan mengenai tahap pra-analitik utamanya yaitu tentang pengambilan sampel darah vena yang diuraikan secara cukup mendalam dan diperjelas dengan gambar sehingga lebih mudah dipahami. Selain langkah-langkah flebotomi, diuraikan juga tentang faktor-faktor penyebab kegagalan tindakan, efek samping terhadap pasien, dan jaminan kualitas pada tindakan tersebut. Langkah-langkah pemeriksaan laboratorium hematologi secara manual diuraikan dan dilengkapi dengan gambar untuk tes hematologi rutin, beberapa di antaranya dikaitkan dengan implikasinya pada kondisi klinis.

 
 

PDFPrintE-mail

Asuhan Kebidanan, Persalinan dan Bayi Baru Lahir

Buku Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir ini ditujukan untuk mahasiswa jurusan D-III, D-IV, dan S-1 Kebidanan sebagai buku ajar untuk mata kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir (ASKEB II)  yang diajarkan pada semester III dengan jumlah SKS  5 (3T, 2P). Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk jurusan lain ataupun mata kuliah lain yang terkait, misalnya mata kuliah Obstetri, Asuhan Kebidanan Patologi (ASKEB IV), serta Asuhan Neonatus.

Buku ini membahas secara menyeluruh topik asuhan kebidanan bayi baru lahir yang disajikan dalam 12 bab dilengkapi gambar-gambar ilustrasi sebagai alat bantu visual yang memudahkan bagi mahasiswa untuk memahami topik yang dibahas. Selain itu, disertakan pula tabel-tabel dan Panduan Belajar bagi mahasiswa dalam mempraktikkan asuhan dan tata laksana praktik keterampilan yang terdiri dari Panduan Plasenta Manual, Persalinan Normal, Pengukuran Perdarahan Post-Partum Metode JAHM, Resusitasi Bayi Baru Lahir dengan Risiko Tinggi Asfiksia, Penjahitan Robekan Perineum, Penatalaksanaan Atonia Uteri, Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir Normal, Pengukuran Tingkat Kecemasan, Pengukuran Tingkat Nyeri, Pengisian Partograf, serta Pemeriksaan Dalam.

 
 

PDFPrintE-mail

Uji Kompetensi Bidan - Soal-soal latihan

Uji kompetensi berstandar nasional merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu yang bertujuan terhadap penjaminan keterampilan, sikap, dan pengetahuan bagi seorang bidan. Kelulusan dalam uji kompetensi menjadi syarat wajib untuk mengajukan surat tanda registrasi (STR) bagi bidan. Buku ini berisi soal-soal latihan yang disajikan dalam bentuk vignette yang mencakup seluruh area kompetensi yang diujikan dalam uji kompetensi kebidanan. Terdapat 400 soal yang disajikan beserta kunci jawaban untuk masing-masing soal. Dengan semakin banyak berlatih soal, maka calon bidan/ mahasiswa kebidanan akan lebih siap untuk menghadapi ujian, dan buku ini menjadi sumber referensi yang tepat sebagai bahan pembelajaran untuk persiapan ujian.

Sekilas Tentang Penulis

Evi Pratami, lahir di pasuruan 24 Mei 1979, lulus D3 Kebidanan Sutomo pada tahun 1998 dan D4 Bidan Pendidik FK Unpad pada tahun 2005. Selanjutnya memperoleh gelar Magister Kebidanan FK Unpad pada tahun 2012. Saat ini bekerja di Poltekkes Kemenkes Surabaya Jurusan Kebidanan Prodi Kebidanan Sutomo sejak tahun 2002 hingga sekarang. Penulis juga aktif dalam menulis buku dan karyanya dalam bentuk penelitian yang berjudul Perbedaan Olive oil dan VCO terhadap Striae Gravidarum telah dipublikasikan dalam jurnal MKB pada tahun 2014.

 
 

PDFPrintE-mail

Asuhan Ibu dalam masa kehamilan

Tenaga kesehatan dituntut untuk menjadi seorang profesional dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, salah satunya profesi bidan. Buku ajar Asuhan Ibu dalam Masa Kehamilan merupakan buku yang disusun untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku terutama bagi mahasiswa kebidanan. Buku ini mengacu pada kurikulum Program Diploma Kebidanan sesuai dengan kompetensi mahasiswa kebidanan pada mata kuliah Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil yang diajarkan pada semester 3 sebanyak 5 SKS (3T2P) atau pada blok/modul yang bersesuaian. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan oleh para calon ibu dalam menghadapi kehamilan dan persalinan. Bidang keperawatan dan bidang kesehatan lainnya pun dapat menggunakan buku ini sebagai referensi untukmeningkatkan pengetahuan tentang ibu hamil.

Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas tentang Pengantar Asuhan Kehamilan Normal; Optimalisasi Kesehatan Wanita Sebelum Hamil; Organogenesis, Fertilisasi, dan Pertumbuhan Janin; Perubahan Anatomi dan Fisiologi; Perubahan Psikologis; Prinsip Pemenuhan Nutrisi Selama Kehamilan; Asuhan Kehamilan; Deteksi Dini Kehamilan Risiko Tinggi; Kewaspadaan Obat Selama Kehamilan; Keterampilan Bidan dalam Asuhan Kehamilan Normal; Promosi dan Pendidikan Kesehatan dalam Asuhan Kehamilan; Etika Komunikasi dalam Isu Sensitif Kesehatan Reproduksi; dan Dokumentasi dalam Asuhan Kehamilan.

Keunggulan buku ini yaitu dilengkapi dengan gambar-gambar, flowchart, serta tabel untuk memperjelas teks agar pembaca lebih memahami maksud dari topik yang sedang dibahas. Selain itu, buku ini juga berisi contoh kasus pendokumentasian asuhan kehamilan, pemeriksaan Leopold, dan prosedur senam hamil.

 
 

Asuhan Keperawatan Anak Pada Penyakit Tropis

PDFPrintE-mail

Buku Asuhan Keperawatan Anak pada Penyakit Tropis ini membahas tentang penyakit tropis pada anak yaitu demam berdarah, demam tifoid, morbili (campak), penyakit kaki-tangan-mulut, varicella (cacar air), chikungunya, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, poliomielitis, serta malaria. Topik yang dibahas mulai dari pengertian, penyebab, gambaran klinis, pato_ siologi, pemeriksaan penunjang, penatalaksanaan medis, komplikasi, serta asuhan keperawatan yang disertai dengan diagnosis dan rasionalnya.

 
 

Page 1 of 2

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir