er Biologi Sel Pendekatan Aplikatif Untuk Profesi Kesehatan

Biologi Sel Pendekatan Aplikatif Untuk Profesi Kesehatan

PDFPrintE-mail

Biologi Sel

Pendekatan Aplikatif Untuk Profesi Kesehatan


Buku Biologi Sel: Pendekatan Aplikatif untuk Profesi Kesehatan ini menyajikan pemahaman konsep biologi sel khususnya terhadap organel sebagai organ serta kehidupan di dalam sel yang hidup. Selain menjelaskan tentang karakteristik dan fungsi organel serta proses kehidupan sel secara parsial, buku ini juga menyajikan pendekatan baru yang aplikatif dan komprehensif untuk memahami berbagai kondisi yang berhubungan dengan kondisi sosiologis, kelainan, bahkan penyakit yang berhubungan langsung dengan bidang yang digeluti oleh profesi kesehatan. Buku ini dapat digunakan sebagai bahan referensi yang ditujukan untuk mahasiswa S1 dan mahasiswa pascasarjana di bidang ilmu kesehatan, misalnya kedokteran, farmasi, dan keperawatan.



Buku ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian I membahas mengenai organel dalam sel dan Bagian II membahas mengenai proses kehidupan dalam sel. Bagian I terdiri dari 7 bab. Bab 1 merupakan pengantar yang mengupas tentang sel sebagai unit dasar kehidupan yang memiliki ciri-ciri kehidupan seperti halnya organisme utuh. Kondisi umum dari sel juga dijelaskan dalam bab ini. Bab 2 sampai Bab 7 membahas berbagai karakteristik organel sesuai dengan fungsinya, yaitu biomembran; nukleus dan kromosom; retikulum endoplasma, ribosom, dan badan Golgi; mitokondria; lisosom; dan sitoskeleton. Bagian II terdiri dari 3 bab, yang menguraikan tentang tiga proses penting dalam kehidupan sel, yaitu sintesis protein, replikasi DNA, dan siklus sel.

Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang bertujuan untuk memperjelas pemahaman konsep karakteristik dan fungsi organel dalam sel dan membantu pembaca memahami mekanisme suatu proses dengan jelas dan tidak abstrak. Pada setiap bab juga dilengkapi dengan boks khusus yang berisi pertanyaan inspiratif

dan berita inspiratif yang masing-masing bertujuan untuk merangsang kreativitas pembaca dan menjelaskan aspek klinis topik yang dibahas. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh soal yang bervariasi pada akhir setiap bab.

Sekilas Tentang Penulis

Dr. Oeke Yunita, S.Si., M.Si. Apt. merupakan seorang penggiat sains di bidang bioteknologi farmasi. Minatnya dalam bidang biologi sel, biologi molekular, dan bioteknologi dimulai saat penulis menempuh pendidikan di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Tugas akhir yang diselesaikan oleh penulis dalam bidang bioteknologi  tanaman semasa  menempuh pendidikan S1 dan S2, semakin memperdalam minat penulis untuk mempelajari berbagai mekanisme molekular di dalam sel. Saat menempuh pendidikan S3, penulis melakukan riset di bidang biologi molekular yaitu uji sitotoksisitas secara in vitro dari tanaman pada kultur sel punca (mesenchymal stem cells) dan dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks scopus yaitu Toxicological and Environmental Chemistry (Taylor & Francis Group). Pemikiran tentang aplikasi pada kultur sel punca telah memperoleh penghargaan pada ajang “Alltech Young Scientist 2011” yang diselenggarakan oleh Alltech Company yang berpusat di Lexington, US. Saat ini, penulis bekerja sebagai dosen S1 dan S2 di Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Selama berprofesi sebagai dosen di Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, penulis mengajarkan berbagai mata kuliah terkait dengan biologi sel, bioteknologi umum, dan bioteknologi tanaman.

Spesifikasi:

  • Kode buku: 0076100380
  • ISBN: 9786022987314
  • Penulis: OEKE YUNITA
  • Tinggi Buku: 24cm
  • Lebar buku: 15.70cm
  • Berat: 263gr
  • Halaman: 184
  • Warna: FC



Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir