BLUE GREY RED

      

Kegiatan Bermanfaat Bersama Anak

Sejak lama penulis menyadari bahwa panggilan hidupnya adalah menjadi seorang ibu dan mengurus anak di rumah. Namun, ternyata menjadi ibu tidak semudah yang ia bayangkan. Motivasinya untuk memperbaiki diri dan terus belajar demi anak dan keluarga membuatnya bertekad membaca banyak literatur dan mendengar masukan dari berbagai pihak, berbagai informasi dan pengalaman penulis lakukan bersama dirumah dituangkan dalam buku ini.

Salah satu kurikulum pendekatan Montessori untuk anak usia dini adalah keterampilan hidup, atau disebut Practical Life Skills. Dr. Montessori mengamati bahwa, pada dasarnya, anak ingin belajar hal baru (curious). Pada kurikulum keterampilan hidup yang disusun Dr.Montessori ini, anak akan belajar melakukan berbagai macam aktivitas dalam kegiatan sehari-hari yang merupakan bekal kemampuan hidup yang penting di kemudian hari.

Hal ini dilakukan dengan tingkat kesulitan yang progresif sesuai usia anak, yang meliputi pengasahan motorik anak, repetisi, presisi, juga konsentrasi. Satu hal pertama yang dikenalkan pada anak adalah cara mengambil, membawa, serta membuka alas kerja untuk kegiatan Montessori (Montessori Work Mat).

Kegiatan keterampilan hidup seperti keperdulian terhadap lingkungan sekitar, kepedulian terhadap diri sendiri, sopan santun dan tata karma terlihat begitu sederhana dimana orang dewasa karena kita sudah sering melakukannya. Namun, bagi anak usia dini, ketrampilan hidup seperti ini adalah hal sangat baru, dan mereka akan merasakan suatu kepuasan dan pencapaian bila dapat melakukannya sendiri.

Termasuk juga dalam kegiatan keterampilan hidup adalah kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, seperti membantu memasukkan pakaian ke mesin cuci (tentunya tetap perlu diawasi dari segi keamanan), mengeluarkan baju dari mesin cuci, membantu menjemur baju, membantu memasak (dengan supervisi penuh), membantunya menyiangi sayuran, memakai sepatu dan kaus kaki sendiri, membersihkan meja, membantu menyiapkan makanan, dan seebagainya.

Semaki besar kepercayaan anda terhadap anak bahwa mereka bisa, semakin yakin pula mereka akan kemampuan diri mereka sendiri. Hal ini juga dapat mengembangkan konsentrasi, perhatian, dan kemampuan anak dalam berpikir strategis. Oleh sebab itu, Dr. Montessori menyarankan untuk menggunakan benda yang sesungguhnya, hanya dengan ukuran lebih kecil (real objects, child size) dalam melakukan kegiatan keterampilan hidup.

Kita mungkin menginginkan kegiatan bersih-bersih dilakukan dengan cara tercepat, efisien, dan terkesan terburu-buru. Namun, untuk anak usia dini, ia menikmati proses tersebut, ia bisa melakukannya berulang-ulang, dan ia bisa melakukannya lagi keesokan hari sampai akhirnya memutuskan melakukan kegiatan lain. Tujuan untuk anak usia dini, belajar dari proses melakukannya dan membekali dirinya sendiri dengan kontribusi positif. Pada usia 6 - 12 tahun, anak-anak akan memiliki tanggung jawab lebih tinggi untuk dapat diminta menyelesaikan pekerjaannya.

Dalam pendekatan Montessori, Dr. Montessori juga menyarankan kita untuk mengenalkan anak-anak padahal konkret terlebih dahulu baru perlahan ke hal yang lebih abstrak. Pengenalan berbagai kosakata dalam pendekatan Montessori diusahakan disertai dengan benda aslinya atau diwakilkan oleh miniature/figurine yang nantinya bisa dicocokkan dengan kartu nomenklatur Montessori berbagai topik.

Dalam buku ini juga dikupas tips penerapan Montessori di rumah dan 55 kegiatan keterampilan hidup Montessori. Mempermudah para orangtua yang memiliki anak usia dini untuk menyiapkan kegiatan positif dan menstimulasi anak mereka.

Judul : Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Keterampilan Hidup

Kode Buku: 301-370-001-0

Penulis : Elvina Lim Kusumo

Terbit : 2017

Tebal : xvi + 167 Halaman

Resensi Buku Harian Fajar Makassar, Minggu, 11 Maret 2018


Most Read Articles

emir


https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/parlay/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/slot-scatter-hitam/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/Slot-Depo-5k/ https://sahivsoc.org/FileUpload/uploads/scatter-hitam/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/pkv-games/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/bandarqq/ https://www.kwalitychicken.com/wp-content/uploads/slot-garansi-kekalahan/ pkv pokerqq https://skilledmigration.utk.edu/wp-content/uploads/-/dominoqq/ dominoqq bandarqq https://webapi-dev.spklu.pertamina.com/scater-hitam/ dominoqq bandarqq dominoqq pkv pkv games https://ecanewington.com/depo-5k-bonus-5k/
http://sjredcliffs.catholic.edu.au/