BLUE GREY RED

      

Untuk Siswa

Materi BelajarSumber BelajarE-ForumTanya PakarSoal LatihanSDSMPSMASDSMPSMA

Tahukah Kamu Bakteri Apa yang Paling Ganas?

PDFPrintE-mail

Tahukah Kamu?

Bakteri Yersinia Pestis diduga sebagai penyebab utama wabah black death yang terjadi pada abad ke-16. Pada tahun 1347-1351, wabah tersebut membunuh 75 juta orang di seluruh dunia, termasuk sepertiga penduduk Eropa pada saat itu. Ada dua bentuk wabah yang disebabkan oleh penyakit ini, tipe bubonic dan pneumonic.

Pada tipe bubonic, bakteri akan menyebabkan pembengkakan pada daerah ketiak, leher, dan selangkangan. Pembengkakan tersebut akan pecah dan mengeluarkan nanah serta darah. Pembuluh darah yang bocor akan menyebabkan darah mengalir di bawah kulit sehingga kulit terlihat menghitam. Sedangkan pada tipe pneumonic, penderitanya akan terus berkeringat dan batuk darah sehingga darah memenuhi paru-paru mereka. Hampir tidak ada korban selamat dalam wabah tersebut.

 

Sumber : Biologi SMA/MA untuk kelas X (Lihat Buku)

Most Read Articles

emir


https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/parlay/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/slot-scatter-hitam/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/Slot-Depo-5k/ https://sahivsoc.org/FileUpload/uploads/scatter-hitam/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/pkv-games/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/bandarqq/ https://www.kwalitychicken.com/wp-content/uploads/slot-garansi-kekalahan/ pkv pokerqq https://skilledmigration.utk.edu/wp-content/uploads/-/dominoqq/ dominoqq bandarqq https://webapi-dev.spklu.pertamina.com/scater-hitam/ dominoqq bandarqq dominoqq pkv pkv games https://ecanewington.com/depo-5k-bonus-5k/
http://sjredcliffs.catholic.edu.au/