BLUE GREY RED

      

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kampus

PDFPrintE-mail

Setelah berhasil dinyatakan lulus SMA, bukan berarti perjalanan hidup kamu selesai. Masih banyak loh hal yang harus kamu lakukan agar masa depan kamu terlihat semakin cerah.

Pertama-tama, tentu saja kami ucapkan selamat untuk kalian yang berhasil melewati Ujian Nasional dengan baik. Kelulusan yang kamu peroleh, percayalah, hanyalah awal dari perjalanan panjang yang akan  kalian tempuh. Akan ada banyak tantangan-tantangan yang harus kalian jawab dengan baik.

Tantangan pertama untuk kalian yang baru saja lulus dari SMA adalah memilih perguruan tinggi yang tepat untuk diri kalian sendiri. Saat ini, sebagaimana kalian bisa lihat, ada begitu banyak perguruan tinggi di sekitar kalian. Masing-masing dari mereka melakukan promosi dan menjanjikan hal-hal manis untuk kalian. Tentu kalian perlu jeli dalam mencermati janji-janji manis tersebut.

Agar tak menyesal di kemudian hari lantaran salah memilih perguruan tinggi, ada baiknya kalian memperhatikan hal-hal berikut ini:

Minat

Inilah hal yang pertama kali harus kamu perhatikan saat memilih perguruan tinggi. Pilihlah perguruan tinggi dan program studi yang benar-benar sesuai dengan keinginan atau minat kamu. Kenyamanan dan rasa enjoy dalam menjalani kuliah merupakan faktor penting di balik kesuksesan menjadi mahasiswa. Mereka yang berhasil melewati masa-masa perkuliahan dengan baik biasanya adalah mereka yang memang benar-benar meminati program studi yang digelutinya. Jangan perpanjang daftar “mahasiswa abadi”, atau bahkan mahasiswa gagal yang kuliahnya tak berlangsung mulus lantaran perguruan tinggi atau program studi yang ia pilih tidak sesuai dengan minatnya. Jika kalian hendak mencari tahu lebih lanjut apa minat kalian, kalian bisa coba melihat-lihat contoh buku-buku perguruan tinggi yang diterbitkan Penerbit Erlangga di sini.

Reputasi Perguruan Tinggi

Jika kalian sudah menemukan minat kalian, kalian bisa memilih kampus mana yang memiliki program studi yang sesuai dengan minat kalian tersebut. Saat ini begitu banyak perguruan tinggi yang menjanjikan hal-hal manis. Jangan ragu untuk mencari tahu reputasi dan kredibilitas perguruan tinggi tersebut. Kalian bisa memeriksa status akreditasi perguruan tinggi tersebut di laman Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di link ini. Jika kalian memiliki saudara, kerabat, kenalan yang pernah merasakan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut, jangan ragu untuk meminta pendapat mereka.

Biaya

Universitas favorit biasanya mahal. Itu anggapan yang kerap muncul di kepala kita. Tapi jangan salah, universitas-universitas negeri tak semahal yang kita kira. Namun demikian, faktor kondisi keuangan keluarga harus tetap menjadi hal yang diperhatikan sebelum kita menentukan perguruan tinggi mana yang akan kita masuki. Hal lain yang tidak boleh dilupakan, biaya perkuliahan bukan hanya sekadar uang gedung dan SPP, melainkan juga biaya-biaya lain seperti biaya praktikum, biaya pembuatan tugas-tugas, biaya pendukung lainnya seperti belanja buku-buku, alat-alat bantu, dan lainnya. Sesuaikan pilihan kalian dengan kondisi finansial keluarga agar kuliah kalian tetap lancar.

Lokasi

Lokasi juga menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi. Jika kalian memilih perguruan tinggi yang berlokasi di luar kota, itu artinya kalian membutuhkan biaya tambahan selain biaya kuliah, yakni biaya tempat tinggal (kost), makan, dan kebutuhan hidup lainnya. Di samping itu, kuliah di luar kota sebenarnya memiliki nilai positif bagi kalian yang berminat. Kalian bisa berlatih hidup mandiri dan belajar untuk memikul kepercayaan serta tanggung jawab.

Jika kalian sudah mantap dengan pilihan kalian, apa lagi yang kalian tunggu? Segera daftarkan diri kalian di perguruan tinggi pilihan kalian tersebut. Oh iya, untuk terus update info-info mengenai dunia perguruan tinggi, kalian bisa follow akun twitter @ErlanggaPerti yang kerap men-share info-info menarik seputar dunia kampus. Selamat menjadi mahasiswa! [IHU]

Sumber gambar: http://careerservices.ssc.uwo.ca/resources/choosing_a_program.html

Most Read Articles

emir


https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/parlay/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/slot-scatter-hitam/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/Slot-Depo-5k/ https://sahivsoc.org/FileUpload/uploads/scatter-hitam/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/pkv-games/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/bandarqq/ https://www.kwalitychicken.com/wp-content/uploads/slot-garansi-kekalahan/ pkv pokerqq https://skilledmigration.utk.edu/wp-content/uploads/-/dominoqq/ dominoqq bandarqq https://webapi-dev.spklu.pertamina.com/scater-hitam/ dominoqq bandarqq dominoqq pkv pkv games https://ecanewington.com/depo-5k-bonus-5k/
http://sjredcliffs.catholic.edu.au/