BLUE GREY RED

      

Rahasia Presentasi Steve Jobs

Belum sirna dari ingatan kita, Tepatnya 5 Oktober 2011, pendiri perusahaan 'Apple Inc, Steve Jobs' menghembuskan nafas terakhir.

Dia dianggap sebagai investor terpenting di Amerika Serikat (AS) . Steve lihai dalam bergaya dan beretorika hingga mampu menghipnotis pendengarnya. Bahkan pada macworld expo 2009, para penggemar Apple tidak terima ketika mengetahui Steve tidak bisa memberikan presentasi. Sehingga tidak salah jika ia disebut sebagai master of presentation.

Melalui biusan presentasinya, Steve menjadikan Apple sebagai produk terpercaya dan laris manis. Bagi kalangan bisnismen (entrepreneur) kehilangan sosok Steve adalah sebuah kerugian luar biasa. Figur sederhana dan penuh kewibawaan yang selalu ditunggu-tunggu inovasi terbaru the best presentation-nya sudah tidak bisa dijumpai lagi.

Karya Carmine Gallo berjudul Rahasia Presentasi Steve Jobs dapat dijadikan sebagai obat kerinduan Steve Jobs. Buku ini mengupas tuntas teknik presentasi yang menjadi rahasia sukses Steve Jobs secara mendetail. Bagaimana seorang Steve bisa membius ribuan audiens ketika ia tampil di muka publik, dikuak secara tuntas.

Steve bisa dikatakan sebagai Komunikator yang memiliki perencanaan efektif, mampu mengembangkan pesan dan headline yang kuat, mengembangkan narasi yang mudah dicerna dan diikuti pendengar, serta memperkenalkan sebuah common enemy sehingga menimbulkan efek drama (emosional).

Steve memulai presentasinya dengan cerita-cerita sukses. Misalnya ketika launching produk iPad, ia menceritakan kesuksesan Apple. Selanjutnya, ia mengutip pendapat tokoh terkemuka dunia untuk mempertajam cerita kesuksesannya.

Steve menghipnotis audiens dengan menjadikannya sebagai pihak yang benar-benar butuh akan produk (Apple) yang ditawarkan. Tentu hipnotis ini disertai dengan kalimat-kalimat persuasif yang meyakinkan audiens. Ia juga menyuguhkan peran antagonis (produk lain) untuk dijadikan sebagai komparasi dengan produknya.

Tak lupa Steve selalu menghadirkan animasi pula guna mendukung performa presentasi. Animasi yang dipilih pun adalah animasi yang menimbulkan distruction pada audiens. Sehingga dampak dari animasi ini mampu menyentuh dimensi emosional audiens. Dan yang terpenting adalah sebuah presentasi harus mengandung unsur have fun. Presentasi diatur seperti infotainment dimana para pendengar selalu ingat mendapatkan pengetahuan dan hiburan.

Buku ini berisi tip dan trik yang bersifat praktis. Semua tip dan trik yang diberikan dalam buku ini mengacu pada tipikal presentasi Steve yang terbukti berhasil. Selain berisi teori, buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto untuk memperjelas maksudnya. Dan agar semakin komplit, buku ini juga menyarankan kita untuk menilik adegan presentasi Steve melalui Youtube.

Melalui buku ini Gallo bermaksud untuk membantu kita agar mampu menyampaikan presentasi terbaik. Karena The Best Presentation membuka peluang cukup besar bagi kita untuk meraih kesuksesan. Steve Jobs memotivasi kita agar selalu meningkatkan keahlian presentasi dengan katanya "Be a yardstick of quality. Some people aren't used to an environment where excellence is expected."

Peresensi adalah Mawaruddin, Penulis Lepas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta
http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/73311

Judul : Rahasia Presentasi Steve Jobs
Penulis : Carmine Gallo
Penerbit : Esensi, Jakarta
Tahun : I, 2011
Tebal : 240 halaman
Harga : Rp 92.000

 

Most Read Articles

emir


https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/parlay/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/slot-scatter-hitam/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/Slot-Depo-5k/ https://sahivsoc.org/FileUpload/uploads/scatter-hitam/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/pkv-games/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/bandarqq/ https://www.kwalitychicken.com/wp-content/uploads/slot-garansi-kekalahan/ pkv pokerqq https://skilledmigration.utk.edu/wp-content/uploads/-/dominoqq/ dominoqq bandarqq https://webapi-dev.spklu.pertamina.com/scater-hitam/ dominoqq bandarqq dominoqq pkv pkv games https://ecanewington.com/depo-5k-bonus-5k/
http://sjredcliffs.catholic.edu.au/