BLUE GREY RED

      

Trampil Basa Jawa Kanggo SMA/SMK/MA Kelas X K13N

PDFPrintE-mail

Buku Trampil Basa Jawa untuk SMA/SMK/MA ini diharapkan dapat membantu para siswa mempelajari bahasa Jawa. Buku ini juga diharapkan memudahkan para guru dalam mengajar bahasa Jawa. Buku Trampil Basa Jawa ini materinya sudah disesuaikan dengan Indikator dan Kompetensi Dasar yang tertulis di Kurikulum  Bahasa Jawa Timur SMA/SMK/MA Tahun 2013. Sistematika buku ini disajikan berdasarkan pendekatan saintifik, melalui proses mengamati-menanya-mencoba-menalar-mengomunikasikan/membentuk jejaring.

Fitur-fitur yang khas pada buku ini antara lain sebagai berikut.


Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar (KD) dalam buku ini ditulis di setiap awal bab. Tujuan dituliskannya KD dalam buku ini untuk mempermudah guru dan siswa dalam menentukan pokok bahasan apa yang sedang dipelajari dalam buku ini. Kompetensi dasar dalam buku ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 Bahasa Jawa (Timur).

Indikator

Indikator dalam buku ini ditulis di setiap awal bab. Tujuan dituliskannya indikator dalam buku ini, agar guru dan siswa memahami arah dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai setelah membahas materi tertentu dalam buku ini. Indikator dalam buku ini disusun berdasarkan silabus mata pelajaran bahasa Jawa untuk SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Bahasa Jawa (Timur).

Konsep dan Materi

Konsep dan materi dalam buku ini disajikan menggunakan bahasa Jawa timuran yang sederhana (lugas) dan komunikatif agar lebih mudah dipahami siswa. Adapun materi-materinya berupa penerapan praktis yang mencakup aspek religius, sikap sosial, kognitif, dan psikomotorik.

Pendekatan Saintifik Berbasis Teks

Buku ini disajikan dengan pendekatan berbasis teksyang meliputi berbagai tahapan/fase, yaitu fase 1) membangun konteks, 2) pemodelan dengan merekonstruksi dan mendekonstruksi teks, 3) menyusun teks secara berkelompok, 4) menyusun teks secara mandiri, 5) mengaitkan teks dengan teks lain yang relevan. Pendekatan berbasis teks pada buku ini lebih mengutamakan aspek penerapan praktis, dengan aspek religius, sikap sosial, kognitif, dan psikomotorik siswa.

Pituduh

Pituduh dalam buku ini berisi petunjuk/perintah yang terdapat sebelum bacaan atau latihan. Pituduh/petunjuk dalam buku ini disusun dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami agar para siswa lebih mudah mempelajari buku ini.

Kegiatan

Kegiatan dalam buku ini berisi sajian materi secara ringkas yang disertai soal-soal latihan atau evaluasi per kompetensi dasar (KD) yang berupa tugas individu dan kelompok. Tujuan dari instrumen penilaian ini untuk mengukur kemampuan siswa setelah mempelajari KD tertentu. Adapun penyusunan soal-soal latihan pada uji kompetensi ini telah disesuaikan dengan indikatornya. Diharapkan setelah mengerjakan soal-soal latihan dari uji kompetensi ini, penguasaan siswa terhadap KD yang dipelajari bisa lebih terukur.

Ringkasan Materi

Ringkasan materi dalam buku ini berisi tentang ringkasan materi penting, seperti pengetahuan bahasa (kawruh basa), ketatabahasaan (paramasastra), artikel, cerita rakyat, biografi ringkas, laporan kejadian/peristiwa (berita), potensi pariwisata Jawa Timur, budaya, adat istiadat/tradisi masyarakat Jawa Timur, dan kesenian khas Jawa timuran yang dikemas dalam bahasa yang sederhana dan menarik.

Pengenget-enget

Pengenget-enget adalah sebuah penanda materi yang berisi perkecualian atau berisi tips-tips tertentu untuk mempelajari lebih perinci atau lebih mendalam hal-hal lain yang masih berkaitan dengan materi yang telah dibahas. Materi pada bagian ini lebih ringkas dan bersifat sebagai bahan pengayaan pem

Spesifikasi

  • Kode buku : 0044180160
  • ISBN : 9786024863937
  • Penulis : TRESNO SUKENDRO,DKK
  • Ukuran : 17.50 cm x 25.00 cm
  • Berat : 252.20 gr
  • Halaman : 152 Halaman
Most Read Articles

emir


https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/parlay/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/slot-scatter-hitam/ https://sinalidade.letras.ufrj.br/wp-content/-/Slot-Depo-5k/ https://sahivsoc.org/FileUpload/uploads/scatter-hitam/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/pkv-games/ https://muang.ubonratchathani.police.go.th/wp-includes/pomo/bandarqq/ https://www.kwalitychicken.com/wp-content/uploads/slot-garansi-kekalahan/ pkv pokerqq https://skilledmigration.utk.edu/wp-content/uploads/-/dominoqq/ dominoqq bandarqq https://webapi-dev.spklu.pertamina.com/scater-hitam/ dominoqq bandarqq dominoqq pkv pkv games https://ecanewington.com/depo-5k-bonus-5k/
http://sjredcliffs.catholic.edu.au/