Hukum

Hukum Tenaga Kerja - Suatu Pengantar

PDFPrintE-mail

Dalam menelaah tenaga kerja, yang perlu kita perhatikan adalah bukan mereka yang sedang bekerja baik untuk diri sendiri maupun dalam hubungan kerja (buruh), melainkan mereka yang mampu bekerja tetapi karena sesuatu hal tidak mendapat pekerjaan, dengan kata lain mereka yang menganggur. Pengangguran ini pertamatama mendapat perhatian pada tahun 1930, pada waktu Indonesia mengalami krisis ekonomi.

Pemerintah pada saat itu berpendirian bahwa soal pengangguran itu seharusnya tidak diurus langsung oleh penguasa, tetapi diserahkan kepada prakarsa swasta, terutama karena alasan keuangan. Pengurusan oleh negara menimbulkan hak atas sokongan dan melihat besarnya jumlah pengangguran golongan Indonesia, akan meminta beban yang sangat berat pada keuangan negara pada saat itu. Dengan mencoba menggambarkan masalah hukum ketenagakerjaan Indonesia dalam buku ini, penulis ingin menggugah setiap insan untuk memperhatikan masalah tenaga kerja ini. Kegagalan dalam menangani masalah ketenagakerjaan akan menimbulkan akibat yang sangat besar risikonya di kelak kemudian hari. Semoga berguna.


 

Teori & Hukum Pembuktian

PDFPrintE-mail

Hukum pembuktian merupakan ketentuan-ketentuan mengenai pembuktian yang meliputi alat bukti, barang bukti, cara mengumpulkan dan memperoleh bukti sampai pada penyampaian bukti di pengadilan serta kekuatan pembuktian dan beban pembuktian. Sementara itu, hukum pembuktian pidana adalah ketentuan-ketentuan mengenai pembuktian yang meliputi alat bukti, barang bukti, cara mengumpulkan dan memperoleh bukti sampai pada penyampaian bukti di pengadilan serta kekuatan pembuktian dan beban pembuktian dalam perkara pidana.

Berkaitan dengan hukum pembuktian yang akan dibahas dalam buku ini, selain akan dibahas mengenai teori-teori pembuktian, juga dibahas perihal alat-alat bukti termasuk pula barang bukti; cara mengumpulkan, memperoleh dan menyampaikan bukti di pengadilan; kekuatan pembuktian dan beban pembuktian atau bewijslast. Fokus hukum pembuktian dalam buku ini adalah hukum pembuktian pidana, meskipun beberapa hal terkait hukum pembuktian dalam perkara perdata juga akan diulas.

Keunggulan produk:
1. Buku ini dapat menjadi buku wajib bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk mata kuliah Hukum Pembuktian.
2. Buku ini juga dapat menjadi referensi bagi dosen Fakultas Hukum, praktisi, dan aparat penegak hukum.

 
 

Catatan Harian Todung Mulya Lubis

PDFPrintE-mail

Todung Mulya Lubis memang kreatif dan cermat, termasuk dalam mencatat dan memberi impresinya atas masalah hukum yang terberitakan di Indonesia setiap hari. Buku catatan harian ini selain membantu kita melihat masalah hukum secara runut selama tahun 2009, sekaligus bisa menjadi alat ukur konsistensi Todung ataupun kita masing-masing dalam menilai dan menyikapi soal-soal hukum yang muncul dari hari ke hari.
Mahfud MD—Ketua Mahkamah Konstitusi

Buku ini sangat layak dibaca oleh kalangan luas di Indonesia mengingat materi dari buku ini ditulis oleh seseorang yang sangat memahami inter-relasi antara masalah Hukum, Politik, HAM, bahkan ekonomi dan bisnis. Amatan Dr. Todung Mulya Lubis diharapkan dapat memberi pemahaman bagi para pembacanya serta menggugah mereka untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal ke arah mana Republik ini dijalankan oleh para penyelenggara negara dan para elite politiknya.
Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D
Guru Besar dan Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia

 
 

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir