Bulan Ramadhan Berkah

Menari di bawah warna pelangi. Ramadhan datang kembali. Apa yang aku rindukan di bulan ini? Apa yang paling ku sukai dari bulan ini?

Yang paling ku ingat dari bulan Ramadhan adalah bulan ini adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang pahalanya berlipat-lipat ganda. Dan bulan yang selalu menghangatkan suasana keluarga.

Memang tak ada tradisi yang spesial di dalam keluargaku dalam menyambut bulan Ramadhan. Hanya di sahur pertama saja banyak sekali makanan yang menggugah selera. Namun suasana kebesamaannya yang selalu dirindu setiap waktu. Momen dimana aku dan keluarga beribadah bersama. Saling belajar dan mengajari.

Bulan Ramadhan menjadi bulan dimana aku dan keluarga dapat duduk di satu meja bersama di situasi sahur dan berbuka. Momen indah di saat memasak masakan berbuka dan sahur menjadi momen istimewa.

Makanan yang jarang muncul di bulan-bulan biasa juga sering hadir di atas meja. Menjadi daya tarik dan semangat tersendiri saat berbuka puasa.

Tapi, ada yang aku suka juga saat menunggu berbuka puasa. Ngabuburit. Bukan ngabuburit biasa, bukan ngabuburit yang kesana-kemari tapi kurang bermanfaat.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa biasanya Kakakku dan beberapa Adik-adik di dekat rumah saling berbagi cerita atau belajar tentang agama. Duduk lesehan sambil bercerita ria. Membaur bersama. Tanpa batasan usia tentunya. Dan aku bisa merekam peristiwa itu lewat kamera. Dan tersenyum dibaliknya.

Oleh: Nurhidayah Tanjung

Dari: Kota Bengkulu, Bengkulu

kontes cerita ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *