Berbukalah dengan yang Baik

PDFPrintE-mail

Tentu kita sering mendengar kalimat “Berbukalah dengan yang manis” khususnya selama bulan Ramadhan. Berbuka dengan madu (murni dan asli tanpa campuran gula) sebanyak dua sendok, baik secara langsung ataupun dicampur dengan segelas air atau segelas susu, bagus juga untuk konsumsi berbuka, bila tidak ada kurma.

Allah SWT berfirman:

“…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” (QS. An-Nahl [16]: 69).

Madu mengandung vitamin, bahan mineral, zat besi, fosfor, potassium, sodium dan belerang yang bermanfaat bagi kekuatan jasmani manusia. Penelitian-penelitian farmasi di beberapa negara terutama Inggris, Jerman, Swiss dan lainnya menunjukkan bahwa madu lebah sangat bermanfaat untuk menyembuhkan paru-paru, jantung, ginjal, rematik (encok), liver (hati), diabetes usus, mata, kulit, bisul, kurang darah, demam, asma, menghindarkan kelelahan kerja saraf otak dan penyakit-penyakit lainnya.

Bila tidak ada kurma, susu juga bagus untuk konsumsi berbuka puasa. Susu adalah minuman penduduk surga karena di surga tersedia sungai susu yang tidak bisa berubah rasanya, seperti diterangkan Al-Qur’an surah. Muhammad ayat 15. Dalam dunia kedokteran, susu disebut-sebut sebagai penyempurna dari makanan empat sehat.

Allah SWT berfirman:

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu dari apa yang berada dalam perutnya berupa susu yang bersih di antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An-Nahl [16]: 66)

Abu Bakar Muhammad bin Zakariya ar-Razi (wafat tahun 311 H), ahli ilmu kedokteran dan kimia terkenal di dunia menyatakan bahwa susu binatang bunting bisa menyembuhkan penyakit hati (liver) maupun keracunan makanan. Susu sangat baik bagi penderita penyakit perut dan limpa, bermanfaat juga bagi penderita penyakit sedih dan waswas, penyakit borok perut, TBC, paru-paru, dan penyakit dada. Susu dapat melancarkan fungsi otak. Susu kambing pada umumnya untuk menghilangkan batuk dan penyakit TBC. Sedang susu sapi untuk menggemukkan badan.

Dari semua manfaatnya, ada baiknya semua yang kita konsumsi itu cukup dan tidak berlebihan. Karena dalam sesuatu yang berlebihan ada keburukan di dalamnya. Sebaiknya, sehabis minum susu hendaknya berkumur-kumur untuk kesehatan gigi dan mulut. Sungguh sempurna agama Islam, Allah tidak menciptakan sesuatu melainkan dengan segudang manfaat. Allah SWT menyuruh kita puasa, itu pun untuk kesehatan jika kita menjalannya dengan benar.

Most Read Articles

Kontak Kami

PT. PENERBIT ERLANGGA

Jl. H. Baping Raya No. 100
Ciracas, Jakarta Timur 13740
Telp. (021) 871 7006
Fax. (021) 877 946 09


esis emir