Cara cepat belajar membaca Al-Qur'an

PDFPrintE-mail

Penulis: Drs. Otong Surasman, SQ. MA.
Al-Qur'an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam dan menjadi petunjuk kehidupan manusia, karena isinya mencakup segala pokok-pokok ajaran agama yang disyari'atkan Allah kepada manusia.

Setiap mu'min yakin, bahwa dengan membaca Al-Qur'an adalah amal yang mulia dan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, sebab yang dibaca adalah kitab suci Al-Qur'an dan sebaik-baik bacaan bagi orang mu'min adalah Al-Qur'an. Disamping itu Al-Qur'an tidak hanya menjadi amal ibadah, akan tetapi juga menjadi obat jiwa yang gelisah.

Maka kemampuan untuk dapat membaca dan memahami Al-Qur'an sejak kecil sangat dibutuhkan, karena berfungsi sebagai penuntun, dan penenang jiwa di tengah morat-maritnya kehidupan duniawi.

Buku ini memberikan metode pengajaran  membaca Al-Qur'an dengan cepat dan mudah untuk anak-anak dengan menggunakan Metode Al-Bayaan yang  dilengkapi dengan sistematika dan metodologi pengajaran Metode Al Bayaan, Makharijul Huruf (tempat keluar huruf), Shifaatul Huruf (sifat-sifat huruf), tanda-tanda waqaf, kamus Ilmu Tajwid, dan kelengkapan periwayatan membaca Al Qur’an, yakni riwayat Hafsh ‘an ‘Ashim Thariq Syathibiyyah.

Tahapan-tahapan dalam Metode Al Bayaan, merupakan ramuan khusus yang secara bertahap memperkenalkan huruf  Hijaiyah dan Rumus Tanda Baca, Bacaan Panjang Sederhana, Bacaan dengung 2 harakat, Bacaan Panjang 2 harakat, 4/5  harakat, 2, 4, 6 harakat dan 6 harakat.

Dalam waktu yang cukup singkat, yaitu 15 sampai 20 pertemuan, Insya Allah dapat membaca Al Qur’an dan memahami prinsip-prinsip pokok ilmu tajwid. Metode Al Bayaan ini merupakan solusi terbaik dalam memberantas buta huruf Al Qur’an.

Most Read Articles

esis emir