Tentang QURANIC SOCIETY Bag III

PDFPrintE-mail

TENTANG AMAL SALEH

Apa contoh amal saleh yang paling mudah kita jalankan?

Etos kerja, itu amal saleh. Amal saleh itu bagian dari amar ma'ruf nahi munkar.


Negara-negara maju itu tingkat amal salehnya lebih tinggi dari negara-negara mayoritas muslim. Amar ma'ruf nahi munkar-mereka bagus.

Kita lihat Al-Qurán surah Ali Imran ayat 110: kuntum khaira ummah ukhrijat linnas ta'muruna bil ma'ruf wan tanhauna ánil munkar wa tu'minuna billah.

Artinya, "Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentunya itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik."

Selama ini kita tahu iman itu utama. Nomor satu, padahal dalam ayat di atas iman diletakkan setelah amar ma'ruf dan nahi munkar. Ayat ini berbicara dalam konteks kehidupan dunia. Dalam konteks kesuksesan di dunia, baik individu maupun masyarakat maka yang utama adalah amar ma'ruf kemudian nahi munkar, baru beriman kepada Allah. Pahala iman yang kongkret itu didapat di akhirat nanti.

Lihat Surah Al-Anbiya ayat 105 : wa laqad katabna fizzaburi min ba'didz dzikri annal ardha yaritsuha 'ibadiyash shalihun..

Artinya, "Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Az-Zikr (Lauh Mahfuz), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh."

Dalam empat abad terakhir kita gak bisa bilang umat Islam yang mewarisi bumi ini. Apakah ayat ini salah? Tidak. Ayat ini benar, kenapa? Karena umat Islam tidak banyak lagi melakukan amal saleh. Yang berbentuk segala aktivitas berfikir dan bertindak  yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang banyak. Segala aktivitas yang berguna bagi kemanusiaan secara keseluruhan adalah amal saleh.

Bisa lebih dijelaskan tentang amal saleh?

Dalam Al-Qur’an, lawan kata saleh itu fasad (kerusakan). Dalam konteks aktivitas yang bermanfaat, kalau yang sifatnya universal maka disebut amal saleh. Kalau kebaikan yang sifatnya religius disebut khayr. Segala aktivitas yang religius dan Islami itu disebut khayr. Khayr itu dilakukan orang yang beriman akan Allah dan Rasulullah. Dalam Surah Ali Imran ayat 104 disebutkan: wal takum minkum ummatun yad’una ilal khair..

bukan yad’una ilash shalih. Ayat ini bermakana agar mengajak atau menyeru orang ke jalan yang khayr, yatu jalan kehidupan yang Islami. Ini sifatnya religius.
Most Read Articles

esis emir