Lomba Mewarnai di Haurgeulis Diikuti 650 Peserta

PDFPrintE-mail

HARIAN UMUM PELITA, Selasa 29 April 2008, Indramayu
Senin 28 April 2008, walaupun jam baru saja menunjukkan 07.00 WIB, namun dari berbagai arah anak-anak usia dini berdatangan menuju Gelanggang Olah Raga (GOR) Mama Sukardi Haurgeulis untuk mengikuti Lomba Mewarnai Nasional tahun 2008 yang diselenggarakan atas kerjasama Yayasan Perdamaian Semesta Indramayu (YPSI) dengan Penerbit Erlangga

Panitia Pelaksana adalah Ketua 1 Dessy Ryen Tafrinni S.Mn, Ketua 2 Ir Tri Sarjanti, Sekretaris Widyastuti Wahyu A.Ma dan Agustina A,Ma, Bendahara Suharti dan Siti Fatimah. Sekretariat Suratemi, Umi Rohimah, Wiwin dan Sumari. Humas Eva Carolina, Rasini A.Ma dan Suwanti, Acara Rr Erni A,Ma, Miyarsi A.Ma dan Puji Wahyuningsih, Konsumsi Lena, Maisyaroh dan Nazilah, Dokumentasi Palupi Danar Dini dan Sugina, Transportasi Minarsih, serta Perlengkapan Suparnik dan Andri.

Semangat Kartini
97 persen panitia adalah ibu rumah tangga, ditengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga, sebagai guru dan pendidik, mereka mampu membagi waktu untuk memberikan sumbangsih kepada pertumbuhan anak-anak. Inilah wujud semangat perjuangan ibu RA Kartini, jelas Dessy Ryen Tafrinni.

Lomba Mewarnai ternyata banyak diminati, terlihat dari peserta yang terus bertambah, sekalipun sampai Ahad pendaftar telah tercatat 600 orang, namun pada Senin pagi menjelang lomba, masih ada yang mendaftar sehingga seluruhnya ada 650 anak dari 24 TK/RA yang ada di kecamatan Haurgeulis, Gantar, dan Anjatan, bahkan diantaranya ada anak kelas 1 SD.

Banyaknya anak-anak yang mengikuti perlombaan mewarnai sungguh sangat mengejutkan berbagai pihak, sampai-sampai Camat Haurgeulis Drs Nuradi M.Si sewaktu membuka lomba itu jam 09.23 WIB menyatakan rasa kekagumannya.

Selama saya menjabat sebagai Camat sejak dari Kerangkeng, Juntinyuat, Anjatan, dan sekarang di Haurgeulis, baru kali ini menyaksikan lomba mewarnai yang diikuti oleh ratusan anak. Ini merupakan yang terbesar se Indramayu.

Karena itu saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada panitia, YPSI dan penerbit Erlangga yang telah menyelenggarakan lomba ini sebaik-baiknya. Harapan saya anak-anak terus dibina sepaya menjadi anak yang soleh/solehah, berbakti kepada orang tua, bangsa, dan Negara.

Sebagai bukti kebanggaannya itu, Camat secara spontan menyisihkan uang Rp500.000 yaitu untuk juara pertama Rp200.000 dan untuk panitia Rp300.000 yang diterimakan langsung kepada Pembina YPSI Ir Tri Sarjanti. Hadir pada lomba itu KCD Pendidikan Haurgeulis Ipin Arifin S Pd I dan undangan lainnya.

Para pemenang
Semaraknya perlombaan dengan peserta ratusan anak baru terjadi di Kecamatan Haurgeulis. Sebelumnya pernah diadakan lomba serupa namun biasanya anak-anak mewarnai gambar di rumah atau sekolahnya masing-masing, lalu karyanya itu dikirimkan ke panitia. Namun kali ini, seluruh peserta berkumpul di GOR, lalu dalam waktu yang sama selama 90 menit masing-masing mewarnai gambar.

Hasil mewarnai anak-anak itu kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh Tim Penilai yang terdiri dari unsur-unsur YPSI, Ikatan Guru TK (IGTK), penerbit Erlangga, dan Wartawan. Penilai dilakukan secara seksama dalam waktu selama dua jam untuk memilih yang terbaik.

Untuk kelompok 4-5 tahun, juara pertama hingga harapan 3 berturut-turut diraih M. Firas Syafia (TK Aisyiah), Ali Aji Kamali (TK Baitul Hikmah), Putri Angraini (RA Baiturohim), Rizki Maulana (TK Baitul Hikmah), Indriyani (TK Fajar, dan Umu Habibatul (TK Baitul Hikmah).

Sedangkan untuk kelompok 6-7 tahun berturut-turut diraih Fajar, Wahyu Fariz RA Al-Khoiriyah, Durkadi Baitul Hikmah, Nabila Lufiana Al-Ashry Cipancuh, Helmy Fadyi RA Al-Khoiriyah, dan Firman TK Amaliyah. Lomba ini merupakan pembelajaran dan upaya memotivasi anak-anak untuk beraktivitas secara spontan dan sportif, sehingga menambah pengalaman belajar di luar kelas. Usia anak-anak sedang dalam masa keemasan karena pertumbuhan otaknya maju dengan pesat, jelas Tri Sarjanti.

Most Read Articles

esis emir