Memperingati Hari Guru Nasional, Penerbit Erlangga Luncurkan Buku Pendidikan Arief Rachman

PDFPrintE-mail

Pada Selasa, 24 November 2015, Penerbit Erlangga mengadakan “Seminar dan Peluncuran Buku Pendidikan Arief Rachman: Guru” di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta. Peluncuran buku diawali dengan pergelaran tarian tradisional Saman, sambutan-sambutan, dan video testimonial sahabat tentang sosok Arief Rachman.

 Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. adalah seorang praktisi pendidikan dengan pengalaman sebagai guru Bahasa Inggris, kepala sekolah, guru besar Universitas Negeri Jakarta, dan pakar pendidikan Indonesia yang telah setia berkecimpung di dunia pendidikan selama lebih dari 50 tahun. Beliau mendirikan Arief Rachman Associate, lembaga konsultasi dan pendampingan program-program pendidikan. Saat ini, Arief Rachman menjabat sebagai Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Meskipun begitu, beliau tidak pensiun dari dunia yang sangat dicintainya, yaitu menjadi guru.

Selaku penulis dan juga guru, Ukim Komaruddin mengatakan, dorongan untuk menulis buku pakar pendidikan Indonesia karena memiliki rasa tanggung jawab kepada masa depan bangsa agar para penerus bangsa terinspirasi dan merasakan bersama dengan sosok guru seperti Prof Arief Rachman.

 Buku ini merupakan esensi dari pemikiran Arief Rachman mengenai pendidikan Indonesia, berisikan wejangan yang diperuntukkan bagi para praktisi pendidikan. Wejangan-wejangan ini tentunya akan dapat membantu setiap pendidik untuk membangun kompetensi dirinya dan juga instansi yang menaunginya. Harapan ke depannya, upaya kolektif tersebut kelak akan memproyeksikan masa depan yang lebih baik, bagi pendidikan dan peradaban masyarakat Indonesia.

Most Read Articles

esis emir