PDFPrintE-mail

Erlangga Ikut Serta Dalam Suksesnya Olimpiade Sains (OS2HT) dan English Olympiad SMA/SMK yang diselenggarakan oleh Yayasan Hang Tuah

Dalam rangka memeriahkan acara peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Hang Tuah ke-72, Yayasan Hang Tuah menyelenggarakan Olimpiade Bahasa Inggris secara Nasional yang pertama kali, Sabtu (26/1) berlangsung di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

English Olympiad ini terselenggara atas kerjasama dengan PT. ASTA Ilmu Sukses dan Oxford University Press yang selama ini telah bekerjasama dengan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya di bawah pimpinan Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M. Hang Tuah National English Olympiad 2019 bertujuan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris para siswa Sekolah Hang Tuah.

Dan tidak hanya sampai di tahap itu saja, selanjutnya PT. ASTA Ilmu Sukses dan Oxford University Press akan terus mendampingi Sekolah Hang Tuah dalam upaya peningkatan kemampuan Bahasa Inggris siswanya menggunakan program berstandar internasional dari Oxford University Press. Olimpiade ini akan terdiri dari 2 tahap yaitu tahap Preliminary dan Grand Final.

Dalam tahap preliminary, para peserta akan diuji kemampuan Bahasa Inggrisnya dari segi listening comprehension, structure, written expression, and reading comprehension. Dari tahapan tersebut akan tersaring 10 finalis yang akan memasuki tahapan grand final yaitu English Debate.

Dengan mengikuti keseluruhan tahapan ini, maka seluruh kemampuan Bahasa Inggris peserta dari berbagai segi akan teruji.

Bersamaan dengan itu, dilaksanakan juga Olimpiade Sains SMA Hang Tuah (OS2HT) juga bersekala nasional yang di ikuti oleh SMA Hang Tuah1 Sutrabaya, SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, SMA Hang Tuah 4 Surabaya, SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, SMK KAL-1 Surabaya, SMK KAL-2 Surabaya, SMA Hang Tuah Belawan, SMK Hang Tuah 1 Jakarta, SMK Hang Tuah 1 Jakarta, SMK Hang Tuah 2 Jakarta, SMK Pelayaran Jakarta Raya, SMA Hang Tuah Makasar dan SMA Hang Tuah Tarakan. Jumlah peserta 25 siswa, dari 13 sekolah baik dari Kota Surabaya maupun dari luar Surabaya.

Menurut Ketua Umum Yayasan Hang Tuah, Amri Husaini, SE, Olimpiade Sains SMA Hang Tuah (OS2HT) secara online serta English Olympiad memiliki tujuan untuk menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik jenjang SMA/SMK Hang Tuah serta untuk menjaring siswa yang memiliki keunggulan dalam bidang Sains dan untuk menumbuhkan motifasi peserta didik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kreaktifitas siswa.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah, Ny. Manik Siwi Sukma Adji dalam sambutannya yang di bacakan oleh oleh Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah, Ny. Cici Wuspo Lukito mengharapkan, agar seluruh peserta berjuang secara sportif, keluarkanlah segala kemanpuan baik dalam berfikir maupun bertindak dalam menyelesaikan soal yang akan di berikan, serta saling menjalin silaturahmi terutama dari teman-temanmu yang berasal dari luar daerahdan selalu membangun komunikasi untuk terwujutnya kemajuan pendidikan yang sedang di tempuhnya.

Pelaksanaan lomba yang diikuti oleh 13 tim tersebut di bagi dalam 3 babak yang dilaksanakan dalam hari bagi OS2HT dan 2 babak bagi English Olympiad.

OS2HT dengan metode online meliputi materi mata pelajaran IPA, Biologi, Matematika dan Kimia teori dengan durasi 2 jam dan pada babak kedua praktek di laboraturium dengan durasi 1 jam dan pada babak 3 adu ketangkasan cerdas cermat.

Sedangkan pada English Olympiade dilaksanakan 2 babak antara lain babak 1 preliminary CBT terdiri dari 25 peserta di saring untuk maju ke babak ke dua menjadi 10 peserta.

Dari sepuluh peserta ini, mereka akan melaksanakan English debate yang di bagi menjadi 2 kelompok, kelompok opposition dan kelompok government. Dua kelompok ini akan adu argument dan saling menanggapi Tim juri sangat independen dari Oxford dan dari Penerbit Erlangga dengan metode Kuantitatif, obyektif tes babak1,2 dengan instrument 3 soal hots dasar. Mereka berhasil menentukan siapa pemenangnya melalui sisi terakhir pasa saat debat.

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah, Ny.Dra Manik Siwi Sukma Adji yang hadir menyaksikan final OS2HT sekaligus menyerahkan piala kepada juara umum OS2HT yang jatuh kepada Satuan Pendidikan SMA Hang Tuah 1 Surabaya yang di terima oleh perwakilan peserta di damping oleh Kepala Sekolah, Hadi Sukiyanto, S.Pd, MM sedangkan untuk English Olympiad sebagai juara umum di raih oleh Satuan Pendidikan SMA Hang Tuah 1 Jakarta di terima oleh perwakilan siswa serta guru pendamping Ripka, S.Pd.

Berhasil keluar sebagai juara umum dari OS2HT, Juara harapan 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya dengan nilai 150, Juara 3 dari SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dengan nilai 450, Juara 2 dari SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo dengan nilai 505 dan juara 1 di raih oleh SMA Hang Tuah 1 Surabaya dengan nilai tertinggi 655. Keluar sebagai juara umum dari 3 sesi SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Sedangkan yang keluar sebagai pemenang dari English Olympiad sebagai berikut: Juara harapan 2 dari SMA Hang Tuah 4 Surabaya atas nama Raindra Pratama dengan nilai 67,5, juara harapan 1 dari SMK Hang Tuah 1 Jakarta atas nama Dina Jessica Eddy dengan nilai 69,5, sebagai juara 3 di raih oleh Salva Ghifari dari SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, juara 2 di raih oleh Rhene Adinda Wahyudi dengan nilai 74 dan sebagai juara 1 diraih oleh Kristian Rizky Abdiel dari SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo.

Namun, dalam English Olympiad keluar sebagai juara umum dari n2 sesi yang berlangsung jatuh pada SMA Hang Tuah 1 Jakarta dengan nilai tertinggi 321.

Hadir juga, Ny Dra Manik Sisi Sukma Adji didampingi Anggota Pengawas Daerah II Yayasan Hang Tuah Ny. Ny. Dien Mintoro Yulianto, Komandan Lantamal V Laksma TNI Edwin, SH, M.Hum beserta Anggota Pengawas Cabang Yayasan Hang Tuah Surabaya Ny. Wenny Edwin. (Red/YHT/Dar).


Sumber: koranprogresif.co.id

Most Read Articles

esis emir