Workshop Standarisasi Penerbitan Buku Perguruan Tinggi

PDFPrintE-mail

Medan , (Analisa)

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UMSU bekerja sama dengan PT.Penerbit Erlangga menyelenggarakan Workshop Standarisasi Penerbitan Buku Perguruan Tinggi Penerbit Erlangga di Ruang Diskusi Perpustakaan UMSU. Jalan Moktar Basri Medan, baru-baru ini, Workshop ini menghadirkan Senior Editor Erlangga Hiralus Wibi Hardani, ST, MM.

Wakil Rektor I UMSU, Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH.Mhum mengatakan sebagai seorang dosen yang hebat mengajar saja tidak cukup tetapi harus dibarengi dengan keahlian menulis sehingga pokok-pokok pikiran dosen yang brilian tersebut bisa dinikmati generasi penerus. Maka , Workshop Standarisasi Penerbitan Buku Erlangga ini sangat tepat untuk memaneing motivasi dosen sehingga mau menulis.

Dia menyampaikan, perpustakaan UMSU terus berkembang untuk menjadi yang terbaik maka berbagai terobosan dilakukan bahkan saat ini sudah ada sejumlah corner dari berbagai negara seperti Jepang Corner, India Corner fan BI Corner menyusul ke depan Warung Prancis.

“Standar naskah harus ide orisional, dapat dipertanggungjawabkan, bukan hasil plagiarism, naskah tidak perlu diformat, cukup file worf, daftar pustaka di bagian belakang buku, ketebalan minimal 160 halaman, untuk ukuran buku 17,5 x 25 cm, atau 14 x 21 cm, huruf Time, ukuran 11, dan ukuran spasi 1,”katanya.

Selain itu, mudah dipahami, penyampaian bagus dengan bahasa yang jelas (sesuai EYD) dan digunakan sebagai bahan kuliah di kelas dan isinya keluar dalam ujian, penulis harus menyesuaiakan buku yang ditulis dengan penerbit yang dituju, buatlah proposal mengenai buk yang ditulis, menyerahkan sebagaian atau keseluruhan copy buku.

Kesalahan ketik harus diminimalisir (bukti keseriusan), kurang istilah asing (bahasa Inggris), konsistensi istilah, mengacu pada silabus/kurikulum, dan memiliki kelengkapan seperti gambar/foto/ilustrasi 300 dpi dan tbel. Contoh soal-soal latihan/studi kasus, daftar pustaka, indeks dan PPT Ajar.

Dia menyarankan agar penulis harus menyesuaikan buku yang ditulis dengan penerbit yang dituju, buat proposal mengenai buku yang ditulis dan menyerahkan sebagaian atau keseluruhan naskah copy buku.

Ka Marcom Erlangga Medan. Pati Gunawan Sirait, ST menyampaikan rasa terimakasih kepada UPT Perpusatakaan UMSU yang mau bekerja sama berbagai program diantaranya workshop dan sejumlah pameran buku yang digelar “Semua kegiatan yang digelar ini tentunya akan disampaikan ke pimpinan pusat dan berharap kerjasama lebih ditingkatkan, “katanya.

Kegiatan ini diikuti perwakilan fakultas se-UMSU, mahasiswa, dan kepala perpustakaan di sekitar seperti Kepala Perpustakaan UINSU, Kepala Perpustakaan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Kepala Perpustakaan UINSU.

Most Read Articles

Acara dan Promo


esis emir